KA Ekonomi AC Dioperasionalkan 25 Agustus

0
791

TARIF BERKISAR RP 120 RIBU

KR – 22 Agustus 2011

Gerbong KA Ekonomi AC (Foto: Budi/Jogjalive.com)

YOGYA (KR) – Kereta Api (KA) Ekonomi AC relasi Yogya-Jakarta resmi dioperasionalkan untuk mengangkut penumpang, Kamis (25/8). Rangkaian KA yang diberi nama KA Gajahwong itu akan diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan pukul 19.23. Sehari sebelumnya KA Gajahwong bakal diresmikan oleh Menhub di Jakarta, Rabu (24/8).

“KA Ekonomi AC tidak hanya dioperasionalkan pada saat angkutan Lebaran saja, tapi akan menjadi KA reguler di Daop VI untuk memperkuat armada yang sudah ada,” kata Kepala Humas PT KA Daop VI Eko Budiyanto usai upacara gelar pasukan di Stasiun Tugu, Senin (22/8).

Saat ini rangkaian KA Gajahwong berada di Dipo lokomotif Stasiun Tugu Yogya untuk dilakukan pengecekan meliputi kondisi kereta, stamp formasi dan kelengkapan peralatan. “Semua awak KA, kondektur, masinis dan petugas teknis KA diminta mempelajari spesifikasi kereta agar ketika dioperasionalkan nanti tidak gagap,” tutur Eko. Selajutnya rangkaian kereta akan dibawa kembali ke Jakarta untuk diresmikan oleh Menhub.

Rangkaian KA Gajahwong menggunakan kereta (gerbong) baru bikinan PT INKA. KA Gajahwong memiliki kapasitas 80 tempat duduk per kereta. Toleransi jumlah penumpang berdiri sama dengan kelas bisnis, sebesar 25 persen. Sehingga satu kereta maksimal berisi 100 penumpang.

Berbeda dengan KA ekonomi biasa, KA Gajahwong dilengkapi dengan AC. Selain itu penataan tempat duduknya dua-dua seperti halnya kelas bisnis.       (Ast)-a