30 PUSKESMAS DISIAGAKAN ; Hadapi Lebaran, Dinkes Bentuk Tim KLB

0
792

KR – 16/08/2011

WONOSARI (KR) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul membentuk Tim Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk mengamankan tradisi Lebaran. Tim ini dimaksudkan untuk mengatasi secara cepat manakala di suatu wilayah terjadi kasus.

”Pembentukan ini sudah sesuai dengan ketentuan, sehingga keberadaan Tim KLB yang berpusat di kantor Dinkes diharapkan bisa ikut memberikan pelayanan Lebaran. Termasuk di masing-masing puskesmas juga ada tim tersendiri,” ujar Kepala Dinkes Gunungkidul, dr Sri Raharto MKes, Senin (15/8).
Dikatakan, sebanyak 30 puskesmas juga disiagakan dan buka 24 jam mulai H-7 hingga H+7. Dengan tujuan bilamana ada pemudik yang melintas di salah satu puskesmas bisa memperoleh pelayanan kesehatan. Sejumlah puskesmas yang sudah memiliki rawat inap juga difungsikan agar kebutuhan pasien maupun pengguna layanan puskesmas benar-benar memperoleh pelayanan yang memuaskan. ”Layanan RSUD Wonosari juga disiapkan lebih optimal, agar bisa diakses secara lebih cepat dalam menangani masalah,” ujarnya.
Dinkes juga melakukan langkah koordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam rangka pengamanan Lebaran 2011. Selain itu, diterjunkan petugas pada tiap posko yang nantinya dibuka dalam pengamanan. Petugas medis yang berada di posko, dimaksudkan untuk bisa berperan jika terjadi kasus. Misalkan di sebuah jalan terjadi kecelakaan, maka petugas yang tergabung dalam posko, termasuk di dalamnya petugas dan dokter dari Dinkes, segera melakukan upaya penanganan dengan cepat. Sehingga kejadian yang terjadi di lapangan dapat dengan cepat ditangani dan apabila membutuhkan rujukan dibawa ke rumah sakit.
(R-2)-m