Wow…Kacang Mete Tembus Rp 100 Ribu per Kilogram

0
809

Tribun Jogja – Selasa, 23 Agustus 2011

Laporan Reporter Tribun Jogja, Viktor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Menjelang lebaran, penjualan makanan kecil di sejumlah toko mulai mengalami peningkatan. Kenaikannya mencapai empat kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Pemilik toko camilan Margo Telo, Muji Raharjo mengatakan peningkatan penjualan kue-kue dan makanan kecil sebenarnya sudah terlihat sejak awal Ramadan, dan diperkirakan mencapai puncak penjualannya pada malam lebaran atau takbiran nanti.

“Kebiasaannya dari tahun ke tahun, sore menjelang takbiran, banyak sekali ibu-ibu yang kebingungan mencari camilan untuk suguhan lebaran,” kata Muji saat ditemui di tokonya Jl Imogori Timur, Senin (22/8).

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang lebaran, sejak tiga bulan yang lalu, pihaknya terus menambah stok. Bahkan untuk lebaran kali ini, ia mengaku menambah stok hingga lima kali lipat dibanding dengan hari biasanya.

“Untuk harganya, memang mengalami peningkatan hingga Rp 500 per kilo. Yang paling fantastis adalah harga kacang mete yang mencapai Rp 100 ribu per kilo,” ujarnya.

Muji mengungkapkan harga kacang mete di tahun-tahun sebelumnya paling tinggi itu Rp 70.000 per kg. Namun tahun ini harga mete bervariasi. Untuk per kg kacang mete dilepas mulai dari Rp 80.000, Rp 86.000, Rp 88.000, hingga Rp 100.000 untuk yang super.

Menurutnya, selain tingginya permintaan harga kacang mete juga dipengaruhi karena daerah Wonogiri yang merupakan lokasi penghasil kacang mete mengalami gangguan panen. Tahun ini, lanjut Muji, merupakan rekor tertinggi harga kacang mete jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Bahkan saya memprediksi harga mete akan terus naik hingga Lebaran nanti. Sejak awal Ramadan lalu, untuk kenaikan harga mete setiap harinya berkisar dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000,” ujarnya.(Tribunjogja.com)