Wilayah Utara Wates Jadi Kawasan Permukiman

0
390

Tribun Jogja – Selasa, 23 Agustus 2011

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, WATES – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan mengembangkan wilayah di sisi utara sebagai kawasan perumahan. Hal itu disampaikan Sekda Kulonprogo, Budi Wibowo saat di temui Tribun Jogja di kantornya, Selasa (23/8/2011).

Menurutnya, dengan dimulainya proyek pasir besi di pesisir selatan Kulonprogo maka sebagai perimbangan kawasan sisi utara akan di bangun menjadi wilayah perumahan.

Sedangkan untuk sisi selatan akan tetap difokuskan sebagai kawasan industri termasuk rencana pembanguna bandara, pelabuhan dan kawasan industri.

“Wilayah selatan akan tetap difokuskan untuk kawasan industri. Sedangkan untuk kawasan utara akan lebih condong untuk pengembangan perumahan,”katanya.

Terkait dengan wilayah utara yang berbukit-bukit, Budi menyatakan kalau hal itu tidak bermasalah untuk dikembangkan menjadi kawasan perumahan. Wilayah perbukitan ini akan dikembangkan menjadi kota satelit yang dilengkapi dengan pusat-pusat bisnis.

Untuk merencanakan pembangunan kawasan utara ini, Budi mengatakan kalau Pemda akan segera membuat pemetaan. Pemetaan ini nantinya akan meliputi wilayah mana saja yang layak untuk dijadikan kawasan perumahan, kawasan bisnis serta akse jalan.

“Saya berharap agar pada 2012 nanti roadmap untuk kawasan utara sudah selesai dikerjakan sehingga nantinya pengembangan kawasan utara selaras dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah,” jelasnya.(Tribunjogja.com)