UNTUK ARUS BALIK LEBARAN ; Harga Tiket Bus Naik

0
411
Bis lebaran (Foto: Budi/JogjaLive.com)

WATES (KR) – Agen bus di Terminal Wates mulai kebanjiran pesanan tiket untuk arus balik Lebaran. Sejumlah agen bus juga mulai memberlakukan kenaikan harga tiket bus arus balik Lebaran.

Dari pantauan KR di Terminal Wates, Minggu (21/8) di antara agen bus memasang pengumuman kenaikan tiket yang diberlakukan selama Lebaran. Harga tiket bus ekonomi Yogyakarta – Jabodetabek yang pada hari biasa Rp 60 ribu, naik menjadi Rp 92 ribu. Tiket bus non ekonomi dengan jurusan sama yang sebelumnya sekitar Rp 90 ribu naik menjadi Rp 150 ribu.

Untuk tiket bus AC non ekonomi yang biasanya antara Rp 90 ribu sampai Rp 120 ribu, naik menjadi antara Rp 150 ribu sampai Rp 220 ribu. Sementara harga tiket Yogyakarta – Merak yang sebelumnya antara Rp 110 ribu sampai Rp 145 ribu, naik menjadi antara Rp 185 ribu sampai Rp 255 ribu.

”Saya bersama anak-anak sampai di Wates, Minggu (kemarin-red) dan langsung memesan tiket untuk balik pada hari Minggu dan Senin (4-5/9). Khawatir jika tidak pesan sekarang akan kehabisan tiket,” tutur Ny Lasiyem (45), warga Desa Kulur, Kecamatan Wates di sela-sela memesan tiket di Terminal Wates.

Menurutnya mudik bersama anak-anaknya sebelum ada kenaikan harga tiket Lebaran, berangkat dari Jakarta Sabtu (20/8) sore. Dalam perjalanan lancar meskipun bus dari arah Jakarta mulai dipadati penumpang. ”Saya sekalian pesan 9 tiket untuk keluarga dan saudara yang akan kembali pada hari Minggu (4/9) dan hari Senin (5/9),” katanya.

Totok (45), salah seorang pengelola agen bus Sumber Alam di Terminal Wates mengungkapkan sejak pertengahan bulan Agustus mulai menerima pesanan tiket arus balik Lebaran. Agen melayani pemesanan tiket arus balik setelah pemilik perusahaan bus memberikan tarif resmi.

Menurutnya pemudik yang mendatangi agen, memesan tiket arus balik untuk pemberangkatan mulai H + 1 sampai H + 7 Lebaran.

”Banyak pemesan tiket arus balik untuk berangkat hari Minggu dan Sabtu (3-4/9). Dua hari itu diperkirakan terjadi puncak arus balik,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan perusahaan tiap harinya menyediakan tujuh bus untuk penumpang arus balik Lebaran yang berangkat dari Wates meliputi bus ekonomi dan non ekonomi. (Ras)-f