Telkomsel siap mendukung Lebaran 2015 di DIY & Jateng

0
629

Telkomsel telah sukses melakukan Uji Coba Jaringan pada rute jalur mudik utama di wilayah Jawa Tengah, DIY, bahkan sepanjang jalur mudik Pulau Jawa. Hasil ujicoba yang telah dirampungkan pada awal puasa ini dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jaringan yang selalu terjadi selama lebaran, khususnya pada wilayah DIY dan Jawa Tengah.

GM ICT Network Operation Telkomsel Region Jateng dan DIY, Iswandi mengatakan, “Dari hasil uji coba jaringan memperlihatkan bahwa kami siap melayani pelanggan selama Lebaran”. Disampaikan pula bahwa pada masa menjelang mudik, lonjakan traffic akan mencapai puncak. Layanan data akan mengalami peningkatan paling tinggi yakni mencapai 20% dibanding hari biasa.

“Pada masa Ramadhan dan Lebaran tahun ini, diperkirakan akan terjadi lonjakan pada jalur mudik serta tujuan wisata DIY-Jawa Tengah. Kisaran kenaikan layanan SMS berkisar 49,43% mencapai 80 juta SMS, serta layanan data naik 52,63% mencapai 164,56 Tbyte,” demikian Iswandi menambahkan.

Seperti yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel yang pada Ramadhan serta Lebaran tahun ini mengangkat slogan “Selalu Berbagi & Melayani”, tetap mengutamakan kecukupan daya tampung pelanggan. Kehendak tersebut didukung dengan pelaksanaan pembangunan BTS (Base Transfer Station) di berbagai wilayah sepanjang tahun. Tahun ini telah dimiliki 95.000 BTS dengan sekitar 50% merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwith internet sekitar 427 GBps.

“Untuk meningkatkan layanan data broadband selama periode ramadhan dan lebaran, Telkomsel melaksanakan program True Broadband Experience demi kenyamanan pengguna.” Penjelasan Iswandi lebih lanjut. Langkah ini dilaksanakan dengan fokus pada area-area keramaian yang diperkirakan menjadi pusat-pusat keramaian kunjungan, seperti area bandara, stasiun KA, Terminal, serta obyek-obyek wisata.

Untuk kepentingan tersebut telah disiapkan 9 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) yang akan dipergunakan untuk menambah kapasitas jaringan pada tempat-tempat keramaian di wilayah DIY-Jawa Tengah.