Telkomsel kerja keras benahi jaringan untuk pelanggan selama liburan Natal-Tahun Baru 2013

0
406

Persiapan teknis jaringan serta pelayanan pelanggan dilakukan Telkomsel secara menyeluruh dan kontinyu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi saat Natal dan Tahun Baru 2013. Mulai dari pembangunan BTS yang saat ini telah mencapai 54 ribu atau meningkat hampir 50% dibanding tahun 2011, sampai pada peresmian 200 kota broadband pada tahun ini.

“Telkomsel menambah kapasitas jaringan dari sisi network element, agar mampu melayani kebutuhan komunikasi subscriber yang meningkat lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa,” demikian Alex J. Sinaga Direktur Utama Telkomsel menyampaikan. “Kami memahami bahwa Tahun Baru adalah perayaan bagi seluruh masyarakat, sehingga trafik komunikasi baik data, voice dan SMS diperkirakan akan meningkat tajam. Kami siap melayani kebutuhan dan mengupayakan kenyamanan yang maksimal bagi seluruh pelanggan.”  Kata Alex lebih lanjut.

Dalam rangka memastikan kehandalan layanan, Alex J. Sinaga beserta jajaran Direksi Telkomsel lainnya melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Area Sumatera melakukan pemantauan jaringan dari Pematang Siantar. Jakarta Selatan di Wisma Mulia, serta peninjauan ke BTS bergerak atau Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) yang ditempatkan di Wisma Nusantara-Bundaran HI dilanjutkan meninjau kesiapan di Telkomsel Telecommunication Center (TTC) di Buaran. Jawa Barat ke Kantor Regional Bandung.

Khusus antisipasi trafik pada Tahun Baru ini, Telkomsel menambah kapasitas SMSC dari 83.750/detik menjadi 104.400/detik, Internet Service  dari 15 Gbps menjadi 20 Gbps dan Blackberry Service dari 2,8 Gbps menjadi 10 Gbps. Untuk memenuhi lonjakan pemakaian layanan data, Telkomsel juga telah meningkatkan jumlah BTS node B (3G) menjadi 15.000 BTS.

Guna menambah kapasitas handling trafik komunikasi saat Tahun Baru, Telkomsel juga menyiagakan 18 unit  COMBAT di berbagai titik strategis. COMBAT memiliki fungsi untuk memperluas coverage dan kapasitas trafik komunikasi. Dengan BTS model ini, Telkomsel bisa lebih fleksibel dalam mewujudkanhigh performance network. Jaringan yang bermutu tidak hanya memberikan ketersediaan sinyal yang kuat dan luas, tetapi juga harus memiliki kapasitas memadai. COMBAT Telkomsel juga dilengkapi dengan WiFi connection sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan data.

Agar pelanggan Telkomsel dapat selalu terhubung dengan layanan internet di sejumlah lokasi keramaian publik, Telkomsel juga telah menghadirkan hotspot Flash Zone. Hotspot Flash Zone dapat ditemui di sejumlah pusat keramaian antara lain GraPARI Telkomsel, bandara internasional, hotel, mall, kawasan bisnis, gedung perkantoran, dan lokasi publik lainnya. Hanya dengan menghubungi *363*601# (GRATIS untuk 1 jam per hari) lewat ponsel, pelanggan akan memperoleh password melalui SMS yang dapat digunakan untuk internetan sepuasnya. Untuk penggunaan di atas 1 jam akan mendapatkan opsi penawaran paket Flash Zone dengan tarif terjangkau mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 50.000. Saat ini Telkomsel telah memiliki 323 hotspot yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.