Telkomsel Dukung aksi Merti Kampung Komunitas Jogja Berkebun

0
628

Jogja Berkebun adalah salah satu komunitas yang terpilih untuk didukung oleh Telkomsel dalam rangkaian hari jadi Telkomsel ke-18 tahun. Yakni semangat positif untuk lebih peduli pada lingkungan dan perkotaan melalui program berkebun, yaitu pemanfaatan lahan kosong di kawasan perkotaan untuk di ubah menjadi lahan perkebunan produktif.

Sabtu pagi (2/6/2013) bertempat di RT 43 RW 10 Dalem Kotagede Yogyakarta, Komunitas Jogja berkebun dengan dukungan Telkomsel menyelenggarakan kegiatan Merti kampung. Komunitas ini terpilih dari 234 kelompok yang mengikuti kompetisi melalui website 18lebih.com.

Jogja Berkebun adalah komunitas yang terdiri dari berbagai macam latar belakang, mulai dari profesional, wiraswasta, mahasiswa/pelajar, hingga ibu rumah tangga. Bergabung untuk meraih tujuan bersama yakni mengatasi permasalahan lingkungan, ang terancam karena pembuangan sampah dan limbah, menurunnya kualitas kota baik secara estetika maupun kurangnya ruang hijau dan ruang publik, serta adanya ancaman krisis sumber makanan di masa depan.

“Jogja berkebun dimulai tahun 2011, satu rangkaian kegiatan dengan Indonesia berkebun yang dirintis sejak 2010,” demikian Maria Ulfah koordinator kegiatan Merti Kampung dari Komunitas Jogja Berkebun. “Konsep kegiatan kami urban farming, yakni mengubah lahan tak produktif menjadi produktif, dijalankan dalam suasana yang fun dalam prinsip 3E, Edukasi, Ekologi, dan Ekonomi,” demikian perempuan enerjik, dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UMY ini menambahkan.

Dalam kegiatan Merti Kampung ini, bersama masyarakat RT 43 RW 10 Kotagede Yogyakarta, Komunitas Jogja Berkebun akan melaksanakan pelbagai kegiatan di tiga titik utama wilayah kampung. Kegiatan itu meliputi pembersihan lahan kosong, pemagaran, penanaman dengan tanaman produktif dengan konsep organik, juga peningkatan estetika dengan pengecatan beberapa dinding kosong.

“Dengan kegiatan CSR ini diharapkan masyarakat Yogyakarta lebih peduli pada masalah lingkungan sekitar, menciptakan kampung yang ramah serta memiliki vitalitas di bidang pangan dan kesehatan. Sehingga masyarakat mendapatkan lingkungan kampung yang asri, hijau, serta belajar bercocok tanam dan memelihara lingkungan,” demikian Gatot Priyo Utomo, Head of Branch Yogyakarta Department PT. Telkomsel menyampaikan.