Telkomsel Dorong Moviemaker Lokal Go International

0
477

Gelar “The 5-Min Video Challenge”

Telkomsel untuk pertama kalinya menggelar kompetisi video pendek dengan theme “Connecting Lives” bagi para moviemaker Indonesia. Dua pemenang di tingkat nasional akan mewakili Indonesia pada kompetisi internasional di Bangkok yang bakal diikuti 7 negara. Bertempat di Gedung Kuliah Umum Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, telah diselenggarakan roadshow sekaligus coaching oleh Fajar Nugros (5/09).

“Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi para filmmaker dan videomaker Indonesia yang ingin karyanya dikenal lebih jauh lagi hingga ke tingkat internasional.” Demikian GM Sales Region Jateng dan DIY Telkomsel, Djony Heru Suprijatno menyampaikan. “Melalui kompetisi ini pula kami berharap di Kota Yogyakarta khususnya akan lahir moviemaker muda yang bertalenta, serta tentunya ada yang mewakili dalam kompetisi bergensi ini dan jadi pemenangnya.” Djony menambahkan.

Kompetisi ini merupakan tahap awal dari kompetisi video pendek yang digagas oleh Singtel Group, yang merupakan hasil kolaborasi para operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia). Konten video yang menjadi pemenang kompetisi ini akan dipublikasikan dan bisa diakses oleh lebih dari 600 juta pelanggan seluler di Singtel Group.

Kompetisi ini terbagi menjadi kategori domestik dan regional, yang bertujuan untuk menghubungkan para pengguna seluler melalui konten video. Pada kompetisi lokal, operator seluler di masing-masing negara akan memberikan kesempatan kepada para pembuat film dan video pendek di setiap negara untuk saling berkompetisi dengan memanfaatkan video sebagai media kreatif.

Masing-masing operator seluler akan menyiapkan sebuah situs untuk para pembuat film dan video pendek   mengirimkan video berdurasi lima menit dengan tema “Connecting Lives”. Format durasi lima menit ini didesain agar konten video dapat dilihat dengan mudah di ponsel. Seluruh karya yang masuk akan melalui proses penilaian dari dewan juri serta mekanisme voting dari para pelangan untuk kemudian dipilih lima karya terbaik.

Pemenang utama akan memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp. 50 juta, sementara untuk pemenang kedua akan memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp. 25 juta. Selain itu, dua karya terbaik ini akan diikutsertakan pada kompetisi regional.

Di kompetisi ini, sederetan nama yang tidak asing lagi di dunia perfilman nasional akan ikut serta sebagai juri, diantaranya Joko Anwar, Dee Lestari, Dennis Adhiswara, Anggy Umbara dan Monty Tiwa. Tidak hanya itu, Renny Fernandez, Arief Muhammad, dan Fajar Nugros sebagai KOL juga akan ikut serta memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai kompetisi ini. Selain di ISI Yogyakarta roadshow dilakukan di 5 kampus ternama lainnya yaitu Universitas Pelita Harapan (25 Agustus), Institut Francais Indonesia Bandung (27 Agustus), Universitas Airlangga (7 September), Universitas Udayana (9 September), dan ditutup di Universitas Indonesia (13 September).

Dua video terpilih dari masing-masing negara atau total 14 video akan diperlombakan dalam kompetisi tingkat regional. Pemenang utama dan pemenang kedua akan diumumkan dalam acara grand final yang diadakan pada 21 November 2016 di Bangkok, Thailand. Pemenang utama akan memperoleh hadiah senilai 30.000 USD, sementara pemenang kedua akan mendapatkan hadiah senilai 15.000 USD.

Pemenang tingkat regional juga akan memperoleh kesempatan untuk memasarkan video mereka melalui berbagai platform video dan layanan lainnya yang dimiliki masing-masing operator kepada lebih dari 600 juta pelanggan seluler Singtel Group yang tersebar di tujuh negara di Asia, Afrika, dan Australia. Informasi lengkap mengenai Kompetisi Video Lima Menit ini bisa diakses di tautan berikut ini : www.telkomsel.com/t5mvc

Kompetisi Video 5 menit ini terbuka untuk semua individu atau tim, dimana video perlu untuk memenuhi kriteria berikut:

  • Tema: “Connecting Lives” dengan fokus pada orisinalitas dan kreativitas
  • Genre: Live Action, Animasi atau Dokumenter
  • Durasi: 5 menit atau kurang
  • Bahasa: Judul video dan sinopsis dalam bahasa Inggris. Sedangkan film dapat diproduksi dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, dan disertakan subtitle.
  • Format:

Resolusi: minimum 720 x 400 hingga 1920 x 1080 pixels

Format file – Mpeg4, Avi or Mov

Format suara (audio): 48Hz PCM, MP3, AAC dengan 16-Bit/s atau lebih tinggi

Poster Digital – A1 (594 x 841mm, portrait)