Tak Dapat THR, Gaji PNS Dimajukan

0
386

KR – 23 Agustus 2011

WATES (KR) – Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kulonprogo tidak akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) pada Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Hal ini selain tidak dianggarkan dalam APBD, juga karena peraturan memang tidak memperbolehkan adanya pos anggaran THR. Sementara itu gaji bulan September akan dibayarkan maju pada Agustus ini.

Demikian diungkapkan Kasubag Humas Setda Arning Rahayu SIP. Meski pemkab tidak mengalokasikan dana APBD untuk THR Lebaran, sebenarnya pemerintah telah mengakomodir adanya pembayaran gaji ke-13 pada seluruh pegawai bulan lalu.

Meskipun pencairannya pada saat tahun ajaran baru masuk sekolah, tentu fokusnya untuk membiayai kebutuhan sekolah, katanya, Senin (22/8).

Tidak bisa dipungkiri, jelas Arning, setiap menjelang Lebaran kebutuhan sangat meningkat signifikan. Karena itu pemerintah tidak tinggal diam dan mengerti akan hal ini. Sehingga pemerintah berencana untuk mempercepat pembayaran gaji bulan September bisa diterimakan Agustus ini.

Menanggapi adanya rencana percepatan pencairan gaji tersebut, Heri Widada SIP, salah satu PNS Pemkab Kulonprogo mengaku senang-senang susah. Sebab sudah dapat dipastikan setelah Lebaran sudah berganti bulan harus mengeluarkan biaya rutin untuk membayar listrik, PAM, dan telepon serta banyaknya tetangga yang hajatan. (Wid)-m