Stok Air Bersih Ditingkatkan

0
741

DIANTISIPASI NAIKNYA KONSUMSI LEBARAN

KR – 19 Agustus 2011

YOGYA (KR) – Menghadapi Lebaran, ketersediaan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Marta Kota Yogyakarta diupayakan tetap mencukupi, terutama saat meningkatnya konsumsi air masyarakat. Langkah yang diambil yakni dengan meningkatkan stok air bersih dengan menambah pengadaan dari sumber-sumber air bersih yang ada.
Antisipasi peningkatan permintaan air bersih ini disampaikan Direktur Utama PDAM Tirta Marta, Imam Priyono kepada wartawan saat berpamitan dengan karyawan, Jumat (19/8). Imam terhitung mulai 31 Agustus mendatang mengundurkan diri dari Dirut karena maju sebagai Calon Wakil Walikota Yogyakarta dalam Pemilukada mendatang.

“Setiap hari, untuk kebutuhan air bersih warga Yogyakarta disalurkan air dengan tekanan 500 liter/detik. Namun saat Lebaran biasanya mengalami peningkatan  sekitar 20 persen. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Yogyakarta saat ini, selain dari Sungai Bedog, juga bisa terpenuhi dari sumur dangkal dan sumur dalam,” ujar Imam.

Dijelaskan pula, ketika terjadi erupsi Merapi PDAM Kota Yogyakarta membantu air bersih di daerah Sleman 1.000 tangki. Sedangkan, bantuan air bersih di Yogyakarta tidak banyak hanya membuka sekitar 64 kran. Pelayanan air bersih yang dilaksanakan PDAM Kota Yogyakarta, untuk warga Yogyakarta harus diutamakan dan ditingkatkan lebih baik tanpa melihat golongan.           (Cil)-a