RADAR: PSIM Tentukan Kriteria Sponsor

0
785

14 August 2011 09:38

JOGJA- Meskipun sangat membutuhkan uang untuk mengarungi kompetisi profesional, bukan berarti PSIM Jogja tidak memilih-milih perusahaan yang menjadi sponsor mereka. Tim perumus masa depan PSIM (Tim 9, Red) tetap memiliki beberapa pihak-pihak yang layak menanamkan modal di tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini.
Saat dihubungi Radar Jogja, kemarin (13/8), Anggota Tim 9 Yoyok Setyawan mengatakan, PSIM  Jogja tidak bisa disponsori sembarang perusahaan. ’Kami sudah menentukan beberapa kriteria perusahaan yang bisa mendanai tim,’’ katanya.

Kriteria-kriteria tersebut, lanjut mantan GM PSIM Jogja ini antara lain aspek permodalan, teknis keahlian, dan aspek sosial. Pihaknya berharap perusahaan yang menyeposnsori PSIM juga punya keahlian usaha di bidang lain.
Selain itu, lanjut Yoyok, perusahaan yang ingin menjadi sponsor PSIM Jogja juga harus bergerak di bidang yang sesuai dengan kultur masyarakat Jogja. Perusahaan tersebut juga wajib memahami apa yang diinginkan masyarakat Jogja. Ini karena, secara historis, pemilik sejati dari tim ini ialah masyarakat setempat. ’’Sudah pasti itu,’’ tegasnya.

Terkait spekulasi yang menyebut PSIM Jogja akan menerima dana dari BUMD, Yoyok mengatakan itu hanya alternatif saja. Yang pasti, Tim 9 membuka semua perusahaan yang memenuhi tiga aspek tadi untuk menjadi sponsor PSIM nantinya.

’Nggak masalah perusahaan mana yang menanam modal di PSIM. Kalau ada BUMD yang mau jadi sponsor ya monggo, kalau perusahaan swasta yang mau masuk juga monggo, ’’ tambah Yoyok. Yoyok mengatakan, setelah assistensi klub professional DIJ-Jateng di Hotel Novotel 15 Agustus mendatang, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh elemen, termasuk supporter. Hal utama yang akan mereka bahas ialah pembentukan badan hukum tetap. (c7)