Pembukaan Mandiri – ArtJOG 9 Berlangsung Meriah

0
478

Bertempat di Jogja National Museum, Mandiri – ArtJOG 9 resmi dibuka oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf didampingi Gubernur DIY Sultan Hamengku Bawono X pada Jumat malam (27/05). Dimeriahkan dengan pementasan group musik Saron Groove and Semendelic & Kawanan dalam tata panggung sebuah bahtera karya artistik perupa Tita Rubi, berlatar video mapping karya Doni Raphael di bagian belakang bangunan museum.

“Melalui karya seni kreatif inilah kita bisa tampil di pentas dunia,” demikian Triawan Munaf menyatakan. Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif ini bahwa pameran ini telah berhasil menjadi magnet seni di Indonesia. Dia mengajak berbagai elemen untuk membantu meningkatkan infrastruktur agar seniman dan pekerja seni bisa melahirkan karya-karya kreatif.

“Yogyakarta adalah gudangnya seni kreatif. Sekarang ini sedang mengalami transformasi cepat dari agraris ke industri kreatif. Yogyakarta berada nomor dua setelah Jakarta dalam hal penyediaan sumber daya kreatif,” Gubernur DIY Sultan Hamengku Bawono X menyatakan.

Pameran seni mengambil tema pokok Universal Influence ini akan berlangsung hingga 27 Juni mendatang. Pengunjung bisa menyaksikan 72 seniman yang memamerkan 97 karya mereka. Para seniman tak hanya berasal dari Indonesia, namun juga dari Malaysia, Filipina, Australia, Jepang, dan Liechtenstein.

Untuk mengunjungi pameran Mandiri ArtJOG 9, pengunjung umum diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 50 ribu, mahasiswa/pelajar sebesar Rp 25 ribu. Transaksi dalam area Mandiri ArtJOG 9 seperti pembelian tiket, aneka merchandise, serta jajanan dari foodtruck mempergunakan Mandiri E-money. Bank Mandiri bersama ArtJOG 9 telah menerbitkan kartu khusus dengan jumlah terbatas yang bisa didapatkan di arena pameran. Kartu E-money Mandiri lainnya juga dapat dipergunakan oleh pengunjung.