Lebaran, 36 Titik Rawan Macet

0
823

POLDA TERAPKAN SISTEM BUKA TUTUP

KR – 18 Agustus 2011

Lebaran macet di Jogja (Foto: Budi/Jogjalive.com)

YOGYA (KR) – Sebanyak 36 titik diprediksi rawan padat yang dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran.

Titik krusial rawan terjadi di pasar tumpah, palang pintu kereta api, pom bensin, persimpangan jalan dan penyeberangan pejalan kaki. Kemacetan juga akan diperkirakan terjadi di sejumlah obyek wisata dan pusat perbelanjaan, baik pada menjelang maupun saat perayaan hari raya.
Mengantisipasi hal ini, Polda DIY menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, di antaranya dengan memberlakukan sistem buka tutup jalan.
“Di setiap titik tersebut juga akan didirikan Pospam Simpatik Lebaran, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan volume kendaraan, petugas segera mengambil tindakan. Kami mengistilahkan keseluruhan titik ini dengan rawan kepadatan arus lalulintas dan bukan kemacetan,” kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Hj Anny Pudjiastuti di ruang kerjanya, Kamis (18/8).
Langkah lain, yakni dengan membuat barikade sebagai pembatas arus lalulintas, penambahan rambu lalulintas dan pembuatan satu titik penyebrangan. Polda juga mengimbau pemudik agar menghindari titik kepadatan dengan menggunakan jalur alternatif yang sudah ada. Pemudik juga diimbau tidak khawatir akan tersesat jika menggunakan jalur alternatif tersebut karena sudah dipasang rambu penunjuk jalan. Keseluruhan titik rawan kepadatan ini tersebar merata di seluruh kabupaten dan kota Yogya. (Ayu) -a