KR: MENGEMBALIKAN YOGYAKARTA KOTA PENDIDIKAN

0
448

Butuh Desain dan Perencanaan Cermat – 14/08/2011 23:09:29

YOGYA (KR) – Mengembalikan predikat Yogyakarta sebagai kota pendidikan tidak bisa dilakukan asal-asalan tapi membutuhkan desain dan perencanaan yang cermat. Yogyakarta harus memiliki ciri khas sebagai Kota Pendidikan yang tidak ditemukan di daerah lain, misalnya menyediakan perpustakaan di area publik seperti stasiun, bandara dan pusat perbelanjaan.
”Kalau kita lihat situasi sekarang sekolah dan perguruan tinggi (PT) sudah berkembang dimana-mana, jangankan SMA bahkan PT sekarang sudah ada yang sampai di tingkat kecamatan. Hal ini tentu saja mengurangi animo orangtua mengirimkan anaknya ke Yogya.

Namun dengan adanya ciri khas sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta akan tetap memiliki daya tarik,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat APTISI, Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc dalam Seminar Pendidikan bertema ‘Pendidikan di Yogyakarta Kawah Candradimuka Pembangunan Karakter Bangsa’ yang diselenggarakan SKH Kedaulatan Rakyat  bekerja sama dengan  Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), memperingati HUT ke-66 KR, Minggu (14/8), di Kampus UTY, Jombor, Sleman, Yogya.

Seminar pendidikan yang dibuka Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat, dr Gun Nugroho Samawi ini juga menghadirkan Dirjen Pendidikan Dasar Kemendiknas RI, Prof Suyanto PhD dengan moderator Wakil Rektor I UTY, Dr Tri Gunarsih MM.

Menurut Edy Suandi Hamid, untuk mengembalikan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan semata melainkan semua pihak. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat DIY perlu merancang dan merekayasa secara serius untuk mewujudkan tujuan tersebut. Konsekuensinya harus ada agenda aksi yang jelas, sistematik, terjadwal dan terukur agar tujuan tersebut bisa didukung oleh semua instansi dan elemen yang ada.

Sementara itu, Prof Suyanto PhD mengemukakan pendidikan karakter harus ditanamkan sejak usia dini. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dasar agar seseorang memiliki kepribadian kuat dan berakhlak mulia. Yogyakarta memiliki keunggulan untuk menyiapkan generasi baru yang intelek dan berbudaya. Waktu sudah membuktikan, bahwa budaya Yogyakarta sangat kondusif untuk tempat pendidikan yang berkarakter.

”Yogyakarta telah banyak menghasilkan lulusan yang berhasil menjadi pemimpin di negeri ini. Lulusan dari Yogyakarta, memiliki kelebihan pada kualitas, kepribadian yang kuat, kebudayaan dan sikap toleran pada semua bentuk keanekaragaman,” katanya. (Ria/Nik)-b