KEBERANGKATAN DI STASIUN TUGU MASIH NORMAL

0
464

Puncak Arus Balik 4 dan 11 September

KR – 27 Agustus 2011

YOGYA (KR) – Berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya, puncak kepadatan penumpang arus balik di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Lebaran kali ini diprediksi terjadi selama dua kali, Minggu (4 dan 11/9). Pada masa puncak, jumlah penumpang yang diberangkatkan diperkirakan sebanyak 9.425 orang, naik 3-5 persen dari tahun lalu yang mencapai 9.150 penumpang.

“Puncak kepadatan arus balik diperkirakan terjadi 4 September. Tapi ternyata permintaan tiket untuk 11 September cukup tinggi,” kata Kepala Stasiun Tugu Asdo Atrivianto di Stasiun Tugu, Sabtu (27/8).

Hal ini menunjukkan terjadinya perubahan pola masyarakat dalam merayakan Lebaran. Masyarakat tidak lagi memaksakan diri harus mudik pada hari H, tapi setelah Lebaran baru mengambil cuti. Apalagi libur Lebaran tahun ini cukup longgar.

Selain menghindari kepadatan penumpang, lanjutnya, masyarakat juga menunggu tarif KA kembali normal. Tarif Batas Atas (TBA) diberlakukan hingga H+7, dimana harga tiket KA eksekutif ke Jakarta bisa mencapai Rp 580 ribu.

Setelah H+7 tarif kembali normal. Perilaku masyarakat yang demikian menjadi keuntungan tersendiri bagi PT KA karena penumpang tidak menumpuk di satu hari tertentu, tapi bisa merata.

Asdo mengemukakan, persediaan tiket baik kelas bisnis dan eksekutif hingga 11 September sudah habis terjual. Termasuk tiket KA tambahan kelas eksekutif . “Setelah 12 September baru ada tempat duduk yang kosong,” ujarnya. Sedang tiket untuk KA ekonomi AC keberangkatan 1-6 September juga sudah habis dipesan.

Sementara dari pantauan KR, jumlah penumpang yang datang maupun turun di Stasiun Tugu belum menunjukkan lonjakan signifikan. Pada H-3 kemarin penumpang yang diberangkatkan sekitar 3.000 orang. Masih lebih rendah dari rata-rata jumlah penumpang harian yang mencapai 4.500 orang. Asdo memperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada H-2, Minggu (28/8) hari ini.

Sedang untuk lonjakan penumpang datang diperkirakan mulai tampak pagi ini. “Lonjakan jumlah penumpang datang maupun berangkat belum terlalu signifikan. Kemungkinan besok pagi (pagi ini -red) kedatangan mulai ramai,” tuturnya.
Kedatangan sejumlah KA di Stasiun Tugu kemarin mengalami keterlambatan maksimal sekitar satu jam dari jadwal.

Menurut Asdo hal ini disebabkan pada masa angkutan Lebaran lalu lintas jalur KA lebih padat. Selain KA reguler juga ada KA tambahan. Sedang untuk keberangkatan rata-rata tepat waktu. (Ast)-a