Jelang Lebaran, Kriminalitas Meningkat

0
776

MASYARAKAT DIIMBAU WASPADA

KR – 26 Agustus 2011

YOGYA (KR) – Menjelang Lebaran, tindak kriminalitas dengan berbagai modusnya mengalami peningkatan cukup signifikan. Terkait hal ini, masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terutama pada jam dan tempat yang dianggap rawan. Masyarakat juga diminta dapat menjadi polisi bagi diri sendiri maupun lingkungannya.

Beberapa kasus yang mengalami peningkatan antara lain pencurian dengan pemberatan (curat) terutama dengan sasaran brankas dan pencurian dengan kekerasan (curas). “Selain di Pakem Sleman, curat dengan sasaran brankas berisi uang tunai juga terjadi di Godean Sleman yakni di sebuah BMT,” kata Dirkrimum Polda DIY Kombes Pol Kris Erlangga dikonfirmasi KR, Rabu (24/8).
Menurut Kris Erlangga, box ATM juga disinyalir rawan menjadi sasaran pelaku kejahatan, sehingga perlu dilengkapi dengan CCTV maupun petugas keamanan. Ia menyanyangkan adanya bank yang tidak dilengkapi dengan CCTV maupun satpam. Seperti kasus perampokan yang terjadi di kantor Kas BRI Cabang APMD Timoho Gondokusuman Yogya pada Rabu (24/8) kemarin yang tidak dilengkapi dengan CCTV dan satpam.
Terpisah Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti mengatakan, tindak kejahatan lain yang perlu diwaspadai yakni jambret, copet, gendam dan pembiusan. Selain itu, pencurian di rumah yang ditinggal pemiliknya saat mudik juga perlu diwaspadai.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang akan mudik agar menitipkan barang-barang berharga mereka kepada orang yang asli Yogya dan tidak ditinggalkan di rumah yang kosong. “Polda DIY dan jajaran juga melakukan antisipasi antara lain dengan patroli saat jam-jam rawan untuk mempersempit ruang gerak pencuri. Patroli dilakukan secara terbuka dan tertutup,” ujarnya.    (Ayu)-a