Galangpress luncurkan Kotak Hitam Romo Mangun di bantaran Kali Code

0
462

Bertempat di RW 01 Ledok Kali Code Kelurahan Kotabaru atau lebih dikenal sebagai bantaran Kali Code sisi selatan Jembatan Gondolayu, penerbit Galangpress meluncurkan buku Kotak Hitam Sang Burung Manyar pada minggu sore (16/12).

Buku setebal 7 milimeter ini ditulis oleh Y. Suyatno Hadiatmojo, pr atau lebih dikenal sebagai Romo Yatno, penggiat Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB), yang pada masa mudanya pernah “nyantrik” pada Romo Mangun.

“Masyarakat saat ini membutuhkan idiom-idiom dan implementasi kebijaksanaan untuk mengarah pada saling solidaritas,” demikian disampaikan oleh Julius Felicianus dari Galangpress. “Buku ini sangat bermanfaat bagi kita yang ingin belajar mengenai kejujuran dan sikap menghargai kemanusiaan, sebagaimana diteladankan oleh Romo Mangun”.

Peluncuran buku ini dilaksanakan di bantaran Kali code untuk mengenang salah satu karya monumental Romo Mangun di bantaran Kalicode. Demikian Julius menambahkan.

Pada kesempatan lain, Romo Yatno menuturkan tekad gigih Romo Mangun menentang rencana Pemkot Yogyakarta yang pernah berencana menggusur kawasan pemukiman di bantaran kali tersebut. Bahkan saat itu Romo Mangun bereaksi keras dengan mengancam akan puasa sampai mati jika pihak pemkot bersikukuh dengan niatnya.

Romo Mangun adalah tokoh multikultur dan lintas iman, maka dalam kesempatan peluncuran buku Kotak Hitam Sang Burung Manyar ini hadir pula KH Muhaimin serta KBPH Suryodilogo putra mahkota Puro Pakualaman Yogyakarta, beserta warga masyarakat setempat.

Sebagai bentuk kepedulian dan ucapan terimakasih, Galangpress menyumbangkan 400 eksemplar terdiri dari 200 judul buku bagi perpustakaan warga Kali Code.