Empat CCTV Pantau Pengunjung Pasar Beringharjo

0
430

Tribun Jogja – Jumat, 26 Agustus
Laporan Wartawan Tribun Jogja, Rina Eviana Dewi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pengunjung Pasar Beringharjo diperkirakan akan mencapai puncak pada Sabtu (27/8) dan Minggu (29/8). Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta memprediksi akan ada sekitar 100 ribu orang berbelanja di pasar terbesar di Kota Yogya ini.

Selain Pasar Beringharjo, pusat perbelanjaan di sepanjang Maliboro diduga juga akan dibanjiri pengunjung. Kepadatan manusia, arus lalulintas, simpul kemacetan, dan kapasitas kantong parkir kendaraan roda dua maupun empat akan jadi problem besar sepanjang dua hari itu.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta, Ahmad Fadli, mengatakan pada hari biasa rata-rata pengunjung di pasar yang menjadi ikon Yogyakarta ini rata-rata 25 ribu hingga 30 ribu pengunjung.

Kenaikan pengunjung terjadi di pasar sisi timur untuk sayur mayur dan sembako maupun sebelah barat yang menjual pakaian. “Puncaknya kami prediksikan Sabtu-Minggu besok. Senin mungkin ada penurunan karena masyarakat sudah mulai sibuk menyiapkan Lebaran. Nanti kembali naik setelah lebaran sampai H+5,” tutur Fadli.

Untuk menjaga keamanan Pasar Beringharjo empat kamera penginta atau CCTV telah dipasang di empat titik yang dianggap rawan kejahatan. Selain CCTV pengamanan juga dilakukan oleh 10 orang petugas patroli dari Dinas Pengelolaan Pasar.

Fadli mengatakan untuk lebaran kali ini pos pengamanan dari kepolisian juga didirikan di Pasar Beringharjo sehingga keamanan lebih terjaga. “Petugas posko operasi ketupat ada lima orang. Kami bersyukur karena pengamanan juga di back-up dari Polda dan Polresta,” jelasnya.(Tribunjogja.com)