Elang Barat Telkomsel singgahi Yogyakarta

0
706

Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) Telkomsel yang dimulai sejak 14 April 2016, akhirnya mengunjungi Kota Yogyakarta. Ekspedisi penjelajahan yang dilakukan mempergunakan pesawat drone berjenis UAV ini untuk wilayah Barat Indonesia telah dimulai dari Kota Sabang hingga berakhir di Kota Denpasar Bali. Sebuah ekspedisi yang sama dari wilayah Timur Indonesia, telah diawali dari Kota Merauke.

Melalui ekspedisi ini, Telkomsel mengajak masyarakat Indonesia menguji dan menikmati kehandalan jaringan broadband “Terluas dan Tercepat”, melalui video streaming yang menampilkan keindahan panorama kawasan pariwisata Indonesia sebagaimana ditangkap oleh pesawat drone tersebut.

GM Sales Telkomsel Region Jateng dan DIY, Djony Heru Suprijatno menyamaikan, “Yogyakarta telah dipilih sebagai salah satu kota persinggahan ekspedisi Elang Nusa wilayah Barat. Kedatangan ekspedisi ini diharapkan mampu menampilkan semangat Satu koneksi satukan negri.” Dalam kesempatan yang sama, GM ICT Operation Telkomsel Region Jateng dan DIY, Iswandi menyampaikan bahwa, kedatangan serta penjelajahan ekspedisi Elang Nusa untuk menampilkan pelbagai bentang alam wilayah Yogykarta ini untuk menguji kehandalan cakupan koneksi broadband Telkomsel yang sudah meliputi 100% wilayah Yogyakarta (3G dan 4G).

Sebagaimana diketahui, dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 m akan diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 km. Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.

Dalam kesempatan tatap muka dengan media di Alun-alun Utara Yogyakarta, pilot pengendali drone menyampaikan bahwa seluruh pesawat drone yang terdisi dari tiga jenis pesawat UAV berpenggerak mesin bahan bakar minyak, mesin batterey, serta rotor campuran kesemuanya merupakan karya anak bangsa. Nantinya drone ini akan meliput lima hingga sepuluh area di Yogyakarta.

Pada kesempatan lain Djony Heru Suprijatno menyampaikan bahwa adopsi 4G di Yogyakarta tumbuh dengan laju yang sangat signifikan, hingga hari ini mencapai 15 ribu mingrasi perbulan. Sedangkan di Jawa Tengah, laju tersebut mencapai kisaran 60 ribu migrasi perbulan.

Bagi pengguna koneksi data Telkomsel serta tertarik untuk menguji kehandalan koneksi broadband dengan mengikuti ekspedisi Langit Nusantara, silahkan langsung mengunji situs web resmi www.telkomsel.com/elangnusa.