Dlingo Krisis Air Bersih

0
822

KR – 15/08/2011

Solusinya, warga memanfaatkan air sungai untuk mencuci dan mandi meski jauh dari tempat tinggalnya. Krisis air bersih memang mulai menghantui warga bila hujan tak kunjung turun. Kekhawatiran juga dipicu semakin dekatnya perayaan Lebaran.

Pagi itu Eko Setiawan (24) bersama istrinya, Minggu (14/8), keduanya sibuk mencuci pakaian di bantaran Kaliurang perbatasan Desa Muntuk dan Dlingo Kecamatan Dlingo. Warga Koripan Dlingo ini mengaku terpaksa mencuci di sungai lantaran debit air sumur di rumahnya terus menyusut. ”Sebenarnya sumur itu ada airnya, tetapi sudah keruh,” jelasnya.

Ia tidak mengetahui secara pasti sejak kapan debit air terus menyusut. Bila kemarau, kata Eko, air sumur perlahan habis dan itu hampir terjadi setiap tahun. Terpisah Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Dlingo, Drs Bangun Rahina MM tidak menampik sejumlah dusun di Kecamatan Dlingo rawan air. ”Bila untuk air konsumsi saya kira masih ada, meski terbatas. Tetapi untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan cuci memang sangat rawan dan warga mulai mengandalkan sungai,” jelas Bangun.

Daerah rawan air bersih meliputi, Saradan, Pancuran Desa Terong, Loputih Desa Jati Mulyo, Cempluk, Sukorame Desa Mangunan, serta Koripan I dan Pakis untuk Desa Dlingo. Bangun menjelaskan, sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan Pemkab Bantul terkait kemungkinan memanfaatkan mesin genset berukuran besar di Desa Dlingo. Selama ini mesin tersebut tak beroperasi lantaran biayanya terlalu mahal. ”Kemarin sudah kami bahas di Pemkab Bantul langkah yang akan diambil,” jelasnya. Bangun yakin, bila mesin tersebut beroperasi, masalah air di Dlingo lekas terurai.

Menurutnya, kemarau kini memasuki puncaknya. Indikasinya, embung penampungan air mengering, debit air sumur mengecil. Pantauan KR di lapangan menunjukkan, satu embung ukuran besar di Dusun Tanjung Desa Temuwuh kering. Embung di tepi dusun airnya makmur ketika musim penghujan, kini hanya kubangan lumpur yang terlihat jelas. Bangun mengatakan, di Kecamatan Dlingo bisa mengusahakan air bersih. (Roy)-m