Berita Foto: Gugur Gunung Keluarga Mahasiswa Sastra Nusantara UGM

0
536

KAMASUTRA (Keluarga Mahasiswa Sastra Nusantara UGM) menggelar acara Gugur Gunung dalam rangka 30 th UGM. Acara berlangsung 23-24 November 2012, di awali dengan Seminar nasional berthema “Menguak Mantra Menyelamatkan Bangsa “ pada Jumat (23/11) di Auditorium FIB UGM. Pembicara yaitu Prof. Dr. Timbul Haryono, M.Sc., Dr. Rr. Paramitha Dyah Fitriasari, M.Hum., Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum.,  dan Nyi Raden Riya Dwijo Sasmitomurti, S.Sn., dengan keynote speaker G.B.P.H H Yudaningrat M.M.

Pada malam hari, bekerjasama dengan Royal Ambarrukmo Hotel, menyelenggarakan Festival Tari Klasik Nusantara bertempat di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Yogyakarta. Diikuti oleh beberapa sanggar tari se Jawa-Bali, festival ini mendapat perhatian besar dari masyarakat maupun tamu-tamu mancanegara yang sedang menginap di hotel. Meski hujan gerimis masih mengguyur kawasan Yogyakarta, kursi undangan maupun pendopo terlihat penuh.

“Hotel Ambarrukmo sangat peduli dengan kegiatan kebudayaan, pemberian tempat bagi kegiatan semacam ini, terlebih yang di prakarsai oleh generasi muda, membuktikan komitmen tersebut,” demikian antara lain yang disampaikan oleh GM Royal Ambarrukmo Hotel, L. Sudarsana dalam sambutannya.

Ketua Panitia, Her Raditya Mahendra Putra menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengekspresikan potensi generasi muda yang cinta budaya, untuk berkesenian dan tetap melestarikan budaya bangsa sendiri, dengan harapan para generasi muda ini menjadi agen pelestari budaya.

Ketika berita ini ditulis, acara masih berlangsung dengan penampilan peserta dari Temanggung Jawa Tengah. Panitya telah menyiapkan beberap trophy untuk diberikan kepada Sanggar yang menampilkan atraksi paling menarik pada malam tersebut.