Atlet Wushu DIJ Berjaya di Kejuaraan Asia

0
232

RADARJOGJA – 27 Agustus 2011

Penggiat Beladiri di Jogja (Foto: Budi/Jogjalive.com)

JOGJA- Atlet wushu DIJ semakin menunjukkan prestasinya. Itu ditunjukkan empat atlet yang bergabung di antara 12 anggota tim Indonesia di Kejuaraan Wushu Junior 2011 di Shanghai  Cina 19-21 Agustus 2011 lalu. Atlet DIJ menyumbangkan 1 emas 2 perunggu dari total perolehan tim Indonesia 3 emas 9 perunggu. Kejuaraan ini diikuti 400 atlet dari 24 negara di Asia.

Dua atlet wushu DIJ yang meraih medali emas dan perunggu adalah Felicia Alverina Monindra dan Welliam Xaverius. Felicia yang bertanding di kelompok Junior A menyumbangkan 1 emas dari nomor Nan Quan (tinju selatan) dan 1 perunggu dari jurus Nan Dao (golok selatan). Sementara itu Welliam Xaverius yang bertanding di kelompok Junior C meraih medali perunggu dari nomor Jian shu atau pedang.

Dua atlet DIJ lainnya, Jessica Karin dan Megawati Mulyani belum meraih medali. Jessica cedera pergelangan kaki sebelum bertanding.

Menurut official wushu DIJ Kristiyan Nugroho, para atlet sudah bertanding maksimal, sehingga hasil yang diraih tidak mengecewakan. ’’Prestasi Felicia sudah seperti yang kami targetkan,’’ katanya.
Ini dianggap realistis. Berdasarkan catatan prestasinya di Kejuaraan Dunia Wushu Junior tahun lalu, Felicia juga menyabet 2 medali perak. Sejatinya, Felicia berpeluang menambah medali dari nomor Nan Gun (toya selatan) seandainya dia tidak melakukan kesalahan.

Sedangkan Jessica Karin, Kristiyan menilai, cedera mengganggu penampilan anak asuhnya. Namun Jessica dan Megawati dianggap lumayan bagus, mengingat mereka baru kali pertama tampil di even resmi IWUF (International Wushu Federation).

Lontaran nada puas juga disampaikan Manajer Tim Wushu Indonesia di Kejuaraan Wushu Junior Asia Andi S. Dia menyebut, prestasi atlet wushu Indonesia semakin menggembirakan. Terlebih lagi dengan munculnya atlet-atlet yunior. ’’ Kami berharap mereka mampu menggantikan senior-seniornya. Pun juga dengan prestasi yang lebih baik,’’ ucap Andi.

Di kejuaraan ini, tim Wushu Indonesia  yang terdiri dari 12 atlet taolu (dari junior C sampai junior A ) dan 8 atlet sanshou (4 putra dan 4 putri). Tiga emas masing-masing diraih Felicia Alverina Monindra (DIJ), Haris (Sumut) dari nomor Nan Dao junior A putra, dan Nandira (DKI) dari nomor Dao Shu (golok) junior C.

Sedangkan 9 medali perunggu diraih oleh Felicia (Nan Dao), Haris (Nan Quan), Welliam (Jian Shu), Nandira (Chang Quan), Kelvin Young (Gun Shu Junior B), Jodis (golok dan toya Junior A). Dua perunggu lagi disumbangkan atlet sanshou, Lamhot Sinaga (Sumut) yang bertanding di kelas 65Kg pa dan Larasati (Jateng) di kelas 60 Kg pi.(din)