11 Ribu Pemudik Siap Serbu Jogja

0
807

Mereka Akan Dilokalisir di JEC

RADARJOGJA – 26 Agustus 2011

Bis lebaran (Foto: Budi/JogjaLive.com)

JOGJA –Arus mudik ke wilayah DIJ, diprediksikan mulai terasa pada H-3 sebelum Lebaran. Tepatnya, pada Sabtu (27/8) mendatang. Kurang lebih 11 ribu pemudik dari segala penjuru, utamanya dari Jakarta, siap masuk Jogjakarta.

“Kurang lebih terdapat 11 ribu pemudik dari Jakarta. Mereka menggunakan bus dan truk dan akan kita kawal,” ujar
Kapolda DIJ Brigjen Pol Tjuk Basuki saat keterangan pers antisipasi menjelang Lebaran 2011 di Gedong Pracimosono Kepatihan.

Setelah masuk Jogja, rombongan pemudik akan dilokalisasi di halaman Gedung JEC di Janti Bantul.  Dari JEC, mereka dengan pengawalan anggota Polri akan didistribusikan sesuai daerah tujuan masing-masing. “Kita kawal agar perjalanannya aman dan nyaman sampai tujuan,” ujar Tjuk.

Kapolda menjelaskan, dari prediksi Tim Pemantau Angkutan Lebaran  2011, ada kenaikan signifikan kendaraan bermotor pemudik ke Jogja. Bila Lebaran 2010 sepeda motor yang masuk berjumlah 2.410.129 kendaraan, maka pada 2011 diprediksi naik menjadi 2.531.793 motor. Untuk  mobil  (1.172.787 ), bus (97.305 ) dan  truk berjumlah 159.069 kendaraan.   “Ada kenaikan sekitar 4,9 persen,” jelasnya.

Mantan Kapolwil Kediri itu menambahkan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi H-3 pada 27 Agustus dan arus  balik
puncaknya pada H+ 3 atau 3 September 2011.

Kapolda dalam keterangannya juga mewanti-wanti kepada para pemudik  ke Jogja maupun yang melewati Jogja untuk berhati-hati  dan waspada  selama perjalanan.

Ia minta pemudik berhenti di tempat-tempat yang  aman  seperti SPBU, kantor polisi terdekat atau di pos-pos yang ada petugasnya. Ini semata-mata untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak  dinginkan.

Kepala Dinas Perhubungaan dan Kominfo DIJ  Tjipto Haribowo menambahkan, Tim Angkutan Lebaran 2011 membuka beberapa posko.  Posko  induk berpusat di kantor
Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi DIJ Jalan Babarsari Sleman yang didukung 236 personel.

Selanjutnya Posko Monitoring Angkutan Lebaran dan Penumpang dibuka di Stasiun Tugu oleh Daops VI PT KAI, posko di Bandara Adisucipto oleh PT Angkas Pura dan Posko Angkutan Lebaran di Terminal  Giwangan untuk Kota Jogja. Berikutnya Posko Terminal Jombor  (Sleman ), Terminal Wonosari  (Gunungkidul) dan  Terminal  Wates  (Wates Kulonprogo).

Mengenai  kesiapan  prasarana jalan, Tjipto menyatakan seluruh jalan provinsi maupun kabupaten dalam kondisi laik dan siap menyambut datangnya para pemudik. (kus)